PROPOSAL
PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PT. DJARUM, TBK
Disusun oleh:
1.
2.
3.
PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN S1
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
PROPOSAL PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PT.
DJARUM, TBK
Jl. Jend. A Yani No 26-28 Kudus, Jawa Tengah Telp :+62 (291) 431691, 431901 Fax :+62 (291) 431809
I. LATAR BELAKANG
Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan
perguruan tinggi yang awal mulanya berbasis pada pendidikan. Sebagai lembaga
pendidikan yang sedang tumbuh, Universitas Negeri Semarang (UNNES) berupaya
mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya serta berusaha mencetak
tenaga akademik yang profesional baik dalam bidang pendidikan maupun non
kependidikan. Untuk menghasilkan tenaga akademik yang profesional dalam bidang
non kependidikan UNNES membuka program studi ilmu murni di beberapa jurusan,
salah satunya yaitu program studi Teknik Mesin S-1 di
jurusan TEKNIK MESIN FT
UNNES.
Seiring dengan tuntutan dunia kerja yang semakin kompetitif, maka mahasiswa sebagai subjek dan objek pembangunan perlu dibekali wawasan, kemampuan dan pengalaman yang bermutu dan berkualitas sebelum mereka benar-benar terjun ke masyarakat. Untuk mendukung terwujudnya hal tersebut maka UNNES sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi negara menyelenggarakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan kurikuler yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan Teknik Mesin program studi Teknik Mesin S-1 FT UNNES. Dalam pelaksanaannya mahasiswa diharuskan terjun langsung ke dunia kerja yang akan dihadapi setelah selesai masa studinya. Hal ini setidaknya dapat memberi gambaran kepada mahasiswa mengenai dunia kerja yang akan mereka jalani sesuai dengan bidang keahliannya. Selain itu hal yang bersifat substansial dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan adalah agar terjadi kecocokan antara teori perkuliahan yang bersifat tertulis dengan kegiatan yang terjadi di lapangan.
II. PROFIL PERUSAHAAN
PT Djarum
adalah salah satu perusahaan rokok di Indonesia. Perusahaan ini mengolah dan
menghasilkan jenis rokok kretek dan cerutu. Ada tiga jenis rokok yang kita
kenal selama ini. Rokok Cerutu (Terbuat dari daun tembakau dan dibungkus dengan
daun tembakau pula), rokok putih (Terbuat dari daun tembakau dan dibungkus
dengan kertas sigaret), dan rokok kretek (Terbuat dari tembakau ditambah daun
cengkeh dan dibungkus dengan kertas sigaret).
PT Jarum adalah
salah satu jenis perusahaan perseroan yang ada di Indonesia. Namun dahulu PT
Jarum adalah sebuah perusahaan perseorangan karna didirikan oleh seorang Oei
Wie Gwan. PT. Djarum memiliki, 5 nilai-nilai inti dalam pengembangan perusahan.
Nilai-nilai itu adalah .Fokus pada pelanggan, Profesionlisme, Organisasi yang
terus belajar, Satu Keluarga, Tanggung Jawab Sosial.
Tahun
Berdirinya
Rokok
kretek adalah sebuah produk yang racikannya ditemukan oleh H. Djamhari
(Kebangsaan Indonesia) pada tahun 1880 di kota Kudus (Kudus kota keretek). Saat
itu H. Djamhari adalah seorang perokok dan ia sering merasa sesak napas. Saat
ia menderita sesak, ia menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati penyakitnya.
Hingga suatu ketika ia mencoba meracik daun tembakau dan bunga cengkeh untuk
rokoknya. Alhasil percobaannya tersebut membuahkan hasil dan rokok tersebut
disebut kretek karena letupan api yang membakar cengkeh menghasilkan bunyi
tek-tek-tek.
Perusahaan
rokok kretek Djarum berdiri pada 25 Agustus 1950 dengan 10 pekerja. Oei Wie
Gwan, mantan agen rokok Minak Djinggo di Jakarta ini, mengawali bisnisnya
dengan memasok rokok untuk Dinas Perbekalan Angkatan Darat. Pada tahun 1955,
Djarum mulai memperluas produksi dan pemasarannya.
Fokus pada
pelanggan.
Pelanggan
merupakan bagian yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan,
tanpa ada pelanggan, tanpa ketertarikan pelanggan terhadap produk yang telah
diproduksi, perusahan akan mandet. PT.Djarum selalu mengutamakan agar pelanggan
selalu puas terhadap produknya, dengan memberikan harga yang relatif rendah
meskipun keuntungan yang dicapai berkurang, hal ini diatasi dengan peningkatan
hasil yang baik dan jumlah penjualan, selain itu juga PT.Djarum memberikan dana
kepada beberapa pelanggan untuk memasarkan produknya sehingga tercipta hubungan
yang sangat dekat.
Profesionalisme.
Profesional
dalam membangun perusahaan secara baik, dimulai dengan perekrutan
karyawan-karywati yang potensial (salah satu elemen vitas bagi kegemilangan
gerak sebuah perusahaan). Kemampuan perusahaan untuk melakukan inovasi secara
terus menerus. seiring tuntutan tersebut, PT.Djarum selalu memberikan respon
yang inovatif pada konsumen. Profesional dalam mengimplementasikan
strategi-strategi yang telah dirancang dengan penuh optimis. Dengan profesionalisme
tersebut semuanya dapat tercapai.
Organisasi
yang terus belajar. Dengan keberhasilan yang diperoleh berupa
penghargaan-penghargaan dan produk-produk yang inovatif, PT.Djarum tidak berpuas
hati, dengan keberhasilan tersebut, selalu belajar keberhasilan itu. Tidak
hanya selalu menilai perusahaannya sendiri. Melakukan sharing dengan perusahaan
lain berbagi pengetahuan.
Satu keluarga.Rasa kekeluargaan sangat terasa di lingkungan PT.Djarum, ini
terlihat ketika pada waktu istirahat, terkadang para direksi bergabung bersama
karyawan,berbagi cerita, bercanda, ini menciptakan kesenangan bagi para
karyawan. Disinilah kekompakan dari segenap jajaran manajemen dan karyawan.
Mereka bersama-sama untuk memajukan perusahaan,dengan dukungan organisasi yang
solid,serta kerja keras dari semua karyawan.
Tanggung
Jawab Sosial. Dalam hal tanggung jawab sosial, untuk karyawan, PT.Djarum sangat
memperhatikan karyawannya dengan memberikan jaminan sosial berupa jaminan
kesehatan,hadiah tahunan, tunjangan, jaminan kecelakan,jaminan pensiun.
PT.Djarum juga memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak karyawan sehingga
dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik. Tanggung Jawab Sosial yang
diberikan PT.Djarum tidak hanya pada karyawannya tetapi juga pada masyarakat
umum.Untuk melaksanakan tanggung jawab ini PT.Djarum melakukan Coorporate
Social Responbility (CSR), yang sangat jelas saat ini, yaitu : Djarum
memberikan dananya 30 Milliar dalam pembangunan lapangan bulutangkis, GOR
PT.Djarum Bakti Bangsa, yang digunakan untuk merekrut para pemain bulutangkis
yang handal berkelas dunia. Dalam bidang lingkungan PT.Djarum memberikan secara
cuma-cuma pohon-pohon untuk penghijauan.
Dengan ke
lima nilai pengembangan tersebut, membuat PT.Djarum semakin memantapkan
perjalanannya dalam industri rokok murni pribumi, tanpa tersentuh oleh
aset-aset asing. Semangat Nasionalismelah yang semakin membangkitkan perusahaan
ini.
Keuangan
PT Djarum system upah harian. Untuk upah harian, Jerih payah buruh pabrik ini
memang terbilang kecil bagi ukuran gaji buruh di Jakarta. Mereka dibayar dengan
upah perjam sekitar Rp.9.750/per 1.000 batang buat satu grup yang terdiri dua
orang tersebut. Tetapi biasanya, satu grup bisa membuat 3.000 batang dalam
waktu kurang dari 4 jam. PT Djarum untuk tahun 2006 menyentuh 6,99 milyar
rupiah. Jumlah itu didapati lewat omset perbungkusnya mencapai angka 23,66
milyar rupiah/perhari. Sementara itu, produksinya tahun lalu tercatat sekitar
38,36 unit milyar dengan asumsi sekitar 127,87 batang/perhari.
Bidang
Usahanya
PT. Djarum
adalah salah satu perusahaan rokok di Indonesia. Perusahaan ini mengolah dan
menghasilkan jenis rokok kretek dan cerutu. Bidang usaha yang digeluti oleh PT
Djarum tidak lain dan tidak bukan ialah rokok. Dalam sehari perusahaan ini
mampu menghasilkan omeset sekitar 23,66 milyar rupiah/perhari, karna sasaran
penjualanya tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di Austria, Polandia,
Prancis, Spanyol, Portugal, Turki, Belgia, Belanda, Luxemburg, Jerman, Brazil,
Jepang, Malaysia, Kanada, Usa dll.
Kejayaan
Sejak awal berdiri pada tahun 25 Agustus 1950 perusahaan ini sudah menjadi
perusahaan yang sangat pesat dalam perkembangan nya. Karna didirikan oleh Oei
Wie Gwan, mantan agen rokok Minak Djinggo. PT Djarum sejak bediri sampai
sekarang masih saja mengalami masa kejayaan. Hal ini di karnakan Perusahaan ini
memiliki 76 lokasi kerja (70 di Kudus, 3 di Pati, 1 Rembang dan 2 di Jepara)
ini cukup diakui masalah kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya. Hal ini
dibuktikan dari perolehan Zero Accident Acknowledgement pada tahun 2002. Pada
tahun 2004 di Audit External Keselamatan dan Kesehatan dengan hasil 85%. Karena
hasil auditan yang memuaskan, pada tahun 2005 memperoleh Bendera Emas. Pada
tahun 2007, hasil auditan meningkat menjadi 93% dan tahun 2008 menunggu
memperoleh Bendera Emas kembali. Karena hal itulah masalah keselamatan dan
kesehatan bukan lagi menjadi masalah bagi perusahaan ini.
Selain
masalah keselamatan dan kesehatan, perusahaan ini juga aktif dalam bidang
koperasi. Pada tahun 1976, koperasi karyawan dibuka. Koperasi yang memiliki
anggota sebanyak 51 ribuan orang ini memiliki kas hingga 75 ribu miliaran
hingga Januari 2008 ini. Karena ketekunannyalah, koperasi ini juga memperoleh
penghargaan sebagai Koperasi Teladan dari tahun 1993 sampai dengan 1996. Selain
itu, perusahaan ini juga memiliki kinerja yang sesuai dengan standar ISO (ISO
tahun 9001-1994). Pada tahun 2001 mendapatkan penghargaan dan ISO diperbaiki
menjadi ISO 9001-2000.
Analisis
Strategi
PT. Djarum
mengeluarkan beberapa produk diantaranya Djarum Super, Djarum Coklat, Djarum
76, Djarum Istimewa. Kesemuanya merupakan rokok berjenis kretek. Akan tetapi
djrum melihat pangsa pasar ini stagnan sehingga PT.Djarum merambah pasar rokok
mild, diantaranya adalah L.A Light, L.A Menthol, Djarum Super Mezzo, Djarum
Black dan Djarum Black Menthol.Selain itu Djarum mengembangkan cita rasa yang
lebih varian dengan mengkombinasikan cita rasa cappucino, dan Teh yang dikenal
dengan nama Brand Djarum Black Tea dan Djarum Black cappuccino.
Produk
dalam kategori rokok mild diluncurkan oleh PT Djarum di akhir tahun 2005,
perusahaan ini meluncurkan rokok mild dengan merek Djarum Super Mezzo untuk
melengkapi portofolio produk Djarum Super dan merambah segmen premium serta
menjadi alternatif pilihan rokok mild baru dengan cita rasa tinggi. Khusus
untuk peluncuran PT Djarum membuat program promosi modern dengan menggunakan
balon mini zeppelin yang berputar-putar disekitar wilayah Jakarta selama 3
minggu. Program tersebut juga diiringi dengan iklan televisi yang menampilkan
visual yang luar biasa, iklan televisi Mezzo versi “leap” dan “race”.
PT Djarum
menggunakan pendekatan strategi yang berbeda dalam membangun merek Djarum Super
Mezzo, yaitu dengan menambahkan kata “Djarum Super” dalam merek rokok mild
tersebut, merek Djarum Super yang sudah memiliki awareness yang tinggi dan
brand image yang kuat di tengah konsumen diharapkan mampu mengangkat penjualan
produk mild yang baru ini masuk ke pasar rokok mild.
Kenyataannya, hasil dari sebuah penelitian adalah top of mind merek rokok mild
masih didominasi oleh Sampoerna A Mild (79,5%), diikuti oleh Star Mild (12,1%).
Djarum Super Mezzo berada di peringkat ketiga (4,2%). Untuk merek kedua yang
diingat setelah merek pertama yang terlintas atau unaided awareness dikuasai
oleh Star Mild (39,5%), Sampoerna A Mild (18,4%) dan Djarum Super Mezzo
(14,7%).
Djarum Super Mezzo dan Star Mild memiliki karakteristik akan personality dan
association yang mirip. Djarum Super Mezzo dipersepsikan memiliki sifat yang
santai dan easy going, berpenampilan menarik, dan penuh percaya diri, namun
merek ini juga memiliki posisi yang sama dengan Star Mild yang dekat dengan
atribut menikmati kehidupan malam, menyukai petualangan dan maskulin
III. NAMA KEGIATAN
Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin S-1 Fakultas Teknik UNNES di PT. DJARUM, TBK Jl. Jend. A Yani No 26-28 Kudus, Jawa Tengah Telp :+62 (291) 431691, 431901 Fax :+62 (291) 431809
IV.
DASAR KEGIATAN
1. Keputusan Rektor Universitas Negeri
Semarang No. 45/0/2002 tentang penyelenggaraan pendidikan di Universitas Negeri
Semarang.
2. Keputusan Rektor Universitas Negeri
Semarang No. 46/0/2002 tentang pedoman Praktik Kerja Lapangan Universitas
Negeri Semarang.
3. Kurikulum Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang tahun 2012 tentang Praktik Kerja Lapangan Universitas Negeri Semarang yang merupakan Mata Kuliah Wajib.
V.
TUJUAN
Tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan ini
sebagai berikut:
1.Mahasiswa mempunyai gambaran mengenai
dunia kerja yang akan dihadapi setelah selesai masa studi, sesuai dengan keahlian atau bidang yang dikuasai.
2.Mahasiswa
memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang kegiatan-kegiatan dalam bidang Teknik Mesin pada umumnya dan bidang manufaktur
pada khususnya yang di terapkan oleh
PT DJARUM, TBK .
3.Mahasiswa mampu menganalisis dan mengamati
secara langsung penerapan teoritik pada perancangan, perawatan mesin bidang manufaktur yang berhubungan dengan pemanfaatan ilmu yang ada pada PT DJARUM, TBK
4.Mahasiswa mempunyai pandangan yang luas bahwa ilmu yang ada tidak semua dapat diterapkan pada Praktik Kerja Lapangan.
VI.
PESERTA
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini akan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Mesin S-1 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNNES sebanyak 4 (empat) orang sebagai berikut:
VII.
TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Tempat :
PT DJARUM, TBK
Alamat : Jl. Jend. A Yani No 26-28 Kudus, Jawa Tengah
Telp :+62 (291) 431691, 431901 Fax :+62 (291) 431809
Waktu : 27 Juli s.d 5 September 2015
VIII. TEKNIK PELAKSANAAN
Praktik
Kerja Lapangan dilaksanakan sebagai berikut:
IX.
PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun. Besar harapan
kami agar dapat diterima untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di PT DJARUM, TBK
Atas perhatian dan kerjasamanya kami menyampaikan
terima kasih.
Semarang, 23 April 2015
Mengetahui, Hormat
Kami,
Ketua Prodi S1 Teknik Mesin
Mau donasi lewat mana?
Donate with PaypalGopay-