Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Karakteristik Baja Karbon

Baja adalah paduan yang paling banyak digunakan manusia, jenis dan bentuknya sangat banyak.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Karakteristik Baja Karbon

Klasifikasi Baja 

Baja adalah paduan yang paling banyak digunakan manusia, jenis dan bentuknya sangat banyak. Karena penggunaanya yang sangat luas maka berbagai pihak sering membuat klasifikasi menurut keperluan masing-maslng.

{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}

Ada beberapa cara mengklasifikasikan baja, antara lain:

a.    menurut  cara pembuatannya;baja Bessemer, baja Siemens-Martin (Open  hearth), baja Listrik, dan lainnya.

b.    menurut penggunaanya; baja konstruksi, baja mesin, baja pegas, baja ketel, baja. perkakas, dan lainnya.

c.     menurut kekuatannya ; baja kekuatan Iunak, baja kekuatan tinggi

d.    menurut strukturmikronya; baja eutektoid, baja hypoeutektoid, baja hypereutektoid, baja austenitik,baja ferritik, baja martensitik dan lainnya.

e.    menurut komposisi kimianya, baja karbon, baja paduan rendah,baja paduan tinggi, dan lainnya.

Biasanya klasifikasi baja yang sering digunakan tidak hanya berpegang pada salah satu cara saja tetapi merupakan gabungan dari beberapa cara di atas.

Untuk mempelajari baja sebagai objek pembahasan pada Ilmu Logam akan lebih mudah bila baja diklasifikasikan menurut komposisi kimianya atau struktur mikrohya.

Baca Juga: 

Menurut komposisi kimianya baja dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu baja karbon (baja tanpa paduan, plain carbon steel) dan baja paduan. Baja karbon bukan berarti baja yang sama sekali tidak mengandung unsur lain selain besi dan karbon.  Baja karbon masih mengandung sejumlah unsur lain, tetapi masih dalam batas-batas tertentu yang tidak banyak berpengaruh terhadap sifatnya.

Unsur-unsur ini biasanya merupakan ikutan yang berasal dari proses pembuatan besi/baja, seperti mangan dan silikon, dan beberapa unsur pengotoran, seperti belerang, phosphor, oksigen, nitrogen dan lainnya yang biasanya ditekan sampai kadar sangat kecil.

Baja dengan kadar mangan kurang dari 0,8 %, silikon' kurang dari 0,5 % dan unsur lain sangat sedikit, dapat dianggap sebagai baja karbon. Mangan dan silikon sengaja ditambahkan dalam proses pernbuatan baja sebagai deoxidiser, utuk mengurangi pengaruh buruk dari beberapa unsur pengotoran. Baja paduan mengandung unsur-unsur paduan yang sengaja ditambahkan uutuk memperoleh sifat-sifat tertentu.

Low carbon steel

kadar karbon sampai 0,2 %, sangat luas penggunaanya, sebagai baja koustruksi umum, untuk baja profit rangka bangunan, baja tulangan beton, rangka kendaraan, mur baut, pelat, pipa dan lain-lain. Baja ini kekuatannya relatif rendah, lunak, tetapi keuletannya liuggi, mudah dibentuk dan dimachining.Baja ini tidak dapat dikeraskan.

Medium carbon steel

kadar karbon 0,25-0,55 %, lebih kuat dan keras, dan dapat dikeraskan. Penggunaanya hampir sama dengan low carbon steel, digunakan untuk yang memerlukan kekuatan dan ketangguhan yang lebih tinggi. Juga banyak digunakan sebagai baja konstruksi mesin, untuk poros, roda gigi,dan lainnya.

High carbon steel,

kadar karbon lebih dari 0,55 %, lebih kuat dan lebih keras lagi, tetapi keuletan dan ketangguhannya rendah. Baja ini terutama digunakan untuk perkakas, yang biasanya memerlukan sifat tahan aus, misalnya untuk mata bor, hamer, tap dan perkakas tangan yang lain.

Low alloy steel,

Baja paduan dengan kadar unsur paduan rendah (kurang dari 10 %), mempunyai kekuatan dan ketangguhan lebih tinggi daripada baja karbon dengan kadar karbon yang sama atau mempunyai keuletan lebih tinggi dari pada baja karbon dengan kekuatan yang sama. Hardenability dan sifat tahan korosi pada umumnya lebih baik. Banyak digunakan sebagai baja konstruksi mesin.

High alloy steel,

Baja paduan dengan kadar unsur paduan tinggi, mempunyai sifat khusus tertentu, baja tahan karat (stainless steel), baja perkakas (tool steel, misalnya High Speed Steel,HSS), baja tahan panas (heat resisting steel) dan lain-lain.

Pengaruh Unsur paduan

Baja karbon biasanya sudah cukup memuaskan untuk digunakan bila persyaratan kekuatan, keuletan dan Iain-lain tidak terlalu tinggi, baja karbon juga cukup baik untuk digunakan pada temperatur kamar dan pada kondisi lingkungan yang tidak terlalu korosif. Harganyapun relatif murah. Tetapi dalam beberapa hal baja karbon tidak memenuhi syarat untuk dipergunakan.

Baja karbon dapat mencapai kekuatan yang tinggi, dengan menaikkan kadar karbonnya, tetapi ini sangat menurunkan keuletan dan ketangguhannya. Kekuatannya akan banyak berkurang bila bekerja pada teraperatur yang agak tinggi. Pada temperatur rendah ketangguhannya menurun cukup drastis.

Baja karbon mempunyai hardenability yang umumnya agak rendah, dan setelah pengerasan mudah rnenjadi lunak kembali bila mengalami pemanasan.

Hal-hal ini sering merupakan hambatan/kesulitan dalam penggunaan baja karbon. Dengan menambahkan satu atau beberapa unsur paduan tertentu maka

banyak di antara kesulitan teisebut dapatteratasi. Baja dengan tambahan beberapa unsur paduan dinamakan baja paduan.

Unsur paduan sengaja ditambahkan ke dalam baja dengan tujuan untuk mencapai salah satu atau beberapa dari tujuan berikut :

1.    menaikkan hardenability

2.    memperbaiki kekuatan pada temperatur biasa

3.    memperbaiki sifat mekanik pada temperatur rendah atau tinggi

4.    memperbaiki ketangguhan pada tingkat kekuatan atau kekerasaa tertentu

5.    menaikkan sifat tahan aus

6.    menaikkan sifat tahan korosi

7.    menaikkan sifat kemagnitan

Pengaruh unsur paduan terhadap baja banyak dipengaruhi oleh cara penyebarannya di dalam konstituen baja itu. Pada dasarnya semua unsur paduan, sedikit atau banyak, dapat larut di dalam ferrit, dan austenit pada umumnya dapat melarutkan unsur paduan dalam kadar yang lebih banyak tinggi.

Sebagian dari unsur-unsur paduan di dalam baja cenderung akan membentuk karbida, ada yang kecenderungannya tinggi ada pula yang rendah, bahkan ada yang tidak pernah dijumpai membentuk karbida.

Unsur paduan yang mempunyai kecenderungan kuat untuk larut dalam ferrit biasanya tidak membentuk karbida. Sebaliknya yang mempunyai kecenderungan kuat untuk mernbentuk karbida kelarutannya di dalam ferrit iebih terbatas. gambar di bawah ini memperlihatkan pengelompokan unsur paduan.

pengelompokan unsur paduan
Gambar. Pengelompokan Unsur Paduan

Unsur paduan selain mungkin dapat larut didalam ferrit dan austenit, dan membentuk karbida juga ada yang dapat mernbentuk nitrida. Dan ternyata juga selain dapat membentuk suatu fase, unsur paduan juga dapat menstabilkan suatu fase (walaupun ia sendiri tidak ikut membentuk fase tersebut).

Dari sini unsur paduan dapat dikelompokkan menurut fungsinya, membentuk suatu fase atau menstabilkan suatu fase tertentu. Kelompok unsur paduan menurut fungsinya:

1. Ferrite stabilixer,

yaitu unsur paduan yang membuat ferrit menjadi lebih stabil sampai ke temperatur yang lebih tinggi. Biasanya ferrit akan bertransformasi menjadi austenit pada suatu temperatur tertentu, dengan adanya unsur paduan ferrite stabilzer maka temperatur transformasi ini akan  naik, bahkan bila jumlah unsur itu cukup banyak ferrit tetap stabil sampai mulai terjadinya pencairan.

Sebenarnya hampir semua unsur paduan mempunyai sifat ini, kecuali Nickel dan Mangan. Yang terpenting pada kelompok ini adalah Cr, Si, Mo, W dan Al.

2. Auatenite stabilixer,

yaitu unsu paduan yang membuat austenit menjadi lebih stabil pada ternperatur yang lebih rendah. Biasanya austenit akan mulai bertransformasi bila didinginkan sampai ke temperatur tertentu, dengan adanya unsur paduan ini temperatur transformasi ini menjadi lebih rendah, bahkan dapat mencapai temperatur kamar. Unsur yang terpenting pada kelompok ini adalah Ni dan Mn.

3. Carbide forming elements,

yaitu unsur paduan yang di dalarn baja dapat membentuk karbida.Yang terpenting dalam kelompok ini (diunit mulai dari yang mempunyai affiniti terhadap karbon rendah) yaitu Cr, W, Mo, V, Ti, Nb, Ta dan Zr.

Bila di dalam baja terdapat lebi dari satu unsur pembentuk karbida belum tentu semuanya akan membentuk karbida, unsur yang mempunyai affiniti lebih rendah mungkin tidak dapat  membentuk karbida bila hampir semua karbon sudah terikat oleh unsur dengan afffniti yang lebih tinggi.

Karbida yang terbentuk ini dapat berupa karbida sederhana atau karbida kompleks. Adanya karbida akan menaikkan sifat tahan aus, biasanya alloy tool steel meugandung  unsur pembentuk karbida dengan kadar yang cukup tinggi.

4. Carbide stabilizer,

yaitu unsur paduan yang membuat karbida menjadi lebih stabil, tidak mudah terurai dan larut ke dalam suatu fase. Unsur-unsur dalam kelompok ini (diurut dari yang lemah ke kuat): Co, Ni,  W, Mo, Mn, Cr, V, Ti, Nb dan Ta.

Di sini tampak bahwa tidak selalu carbide former yangkuat adalah juga carbide stabilizeryang kuat, misalnya Mn, ia adalah carbide former yang sangat lemah tetapi ia dapat berfungsi sebagai carbide stabilizer yang cukup kuat, bahkan lebih kuat dari Mo.

5. Nitride forming elements,

yaitu unsur yang dapat membentuk nitrida. Pada dasarnya semua unsur pembentuk karbida adalah juga pembentuk nitrida (yang dapat membentuk nitrida bila dilakukan nitriding).

Gambar diatas memperlihatkan pengaruh unsur paduan terhadap kekerasan sesudah proses nitriding. Tampak bahwa Al dan Ti mempunyai pengaruh paling kuat untuk menaikkan kekerasan setelah nitriding.

Pengaruh terhadap ferrit

Semua unsur paduan yang membentuk larutan padat akan menaikkan kekerasan dan kekuatan. Demikian pula halnya dengan unsur paduan yang larut ke dalam ferrit, akan menaikkan kekerasan dan kekuatan ferrit. Memang pengaruh dari masing-masing unsur tidak sama, hal ini digambarkan pada grafik.

Gambar dibawah  Dari grafik itu ternyata Si dan Mn, unsur paduan yang paling sering dijumpai, mempunyai pengaruh yang paling besar, sedangkan Cr mempunyai pengaruh yang paling kecil.

pengaruh unsur paduan terhadap ferit
Gambar. Pengaruh Unsur Paduan Terhadap Ferit

Namun demikian pengaruh unsur paduan terhadap kekuatan dan kekerasan baja secara keseluruhan hampir tidak berarti bila tidak terjadi perubahan struktur.

Gambar dibawah memperlihatkan hal ini. Pada struktur yang furnace cooled hampir tidak terjadi kenaikan kekuatan tetapi pada struktur yang air cooled terjadi kenaikan kekuatan yang cukup tinggi.

Pengaruh unsur chrom terhadap kenaikan kekuatan baja
Gambar. Pengaruh unsur chrom terhadap kenaikan kekuatan baja

Gambar, Pengaruh unsur chrom terhadap kenaikan kekuatan baja Karena pengaruh chrom yang kecil inilah ia banyak digunakan sebagai unsur paduan pada baja yang akan banyak mengalami cold working.

Sifat dan pemakaian baja paduan

Karena begitu banyakaya macam baja paduan tentunya tidak mungkin untuk membahas satu persatu. Di sini akan diuraikan secara singkat sifat beberapa-sen baja paduan AISI.

1. Baja nickel (seri 2xxx).

Nickel merupakan unsur paduan yang paling tua. Kelarutannya di dalam austenit dan ferrit tinggi sekali, memberikan kekuatan dan ketangguhan yang tinggi. Nickel juga menurunkan kadar karbon di dalam perlit, sehingga baja mengandung lebih banyak perlit dari pada baja karbon.

Dan perlit terbentuk pada temperatur yang lebih rendah (nickel adalah unsur penstabil austenit) menyebabkan perlitnya lebih halus, lebih tangguh. Baja nickel cocok digunakan sebagai baja konstruksi kekuatan tinggi yang dipakai pada kondisi as-rolled, atau benda tempa yang besar yang tidak dikeraskan.

Baja nickel dengan 3,5 % Ni dan karbon rendah  banyak digunakan sebagai baja untuk carburising, dipakai untuk roda gigi, baut piston rod, dan Iain-lain. Dengan 5 % Ni, baja lebih kuat dan tangguh, digunakan untuk beban yang lebih besar. Keberatan dalam pemakaian nickel adalah harganya yang mahal, sehingga sekarang penggunaannya makin berkurang.

2. Baja chrom (seri 5xxx).

Chrom juga larut di dalam ferrit danaustenit, terutama pada baja dengan kadar karbon rendah. Ini akanmenaikkan kekuatan dan ketangguhan. Baja dengan kadar karbon danchrom rendah biasanya digunakan  untuk dikarburising.

Dengan chrom lebih dari 5 % sifat pada temperatur tinggi dan sifat tahan korosimenjadi lebih baik. Dengan chrom lebih dari 10% sifat tahan korosisangat baik (stainless steel). Chrom dapat membentuk karbida bila, terdapat.cukup karbon, akan menaikkan sifat tahan aus. Dengan kadar karbon medium hardenability cukup tinggi, oil hardenable, banyak digunakan untuk pegas, baut mesin, poros dan lain-lain. Dengan kadar karbon tinggi baja menjadi keras sangat tahan aus, digunakan untuk ball/roller bearing dan  mesin-mesin crusher.

3. Baja nickel chrom (seri  3xxx).

Dalam baj ini a perbandingan antara nickeldengan chrom 2,5:1, yang memberikan sifat baik dari kedua unsur paduan itu. Nickel memperbaiki keuletan dan ketangguhan dikombinasi dengan naiknya hardenability dan sifat tahan aus yangdiberikan oleh chrom.

Dengan kadar karbon rendah baja ini banyakdigunakan untuk dicarburising. Chrom memberikan sifat tahan auspada permukaan sedang nickel memberikan ketangguhan pada bagiandalam.

Seri 31xx, 1,5 % Ni dan 0,6 % Cr, banyak digunakan untukworm gear, piston pin dan lain-lain. Untuk beban berat seperti aircraft gear, poros dan cam, digunakan seri 33xx, 3,5 % Ni dan 1,5% Cr. Dengan medium carbon, baja ini digunakan untuk automotive connecting rod, drive shaft dan lain-lain. Sekarang baja ini kurangbanyak dipakai, digantikan oleh seri 87xx dan 88xx, nickel chrommoly steel, yang lebih murah.

4. Baja mangan (seri 13xx).

Mangan salah satu unsur paduan yangpaling murah, selalu ada dalam baja, sebagai deoxidiser. Manganmengurangi kecenderungan terjadinya hot shortness  yang di timbulkan oleh belerang. Mn mencegah terjadinya FeS yang membentuk eutektik dengan besi yang menjadikan baja mengalami hot shortness. Dengan membentuk MnS, yang titik leburnya lebih tinggi, kemungkinan terjadinya retak pada saat pengerjaan temperatur tinggi.

5. Baja tungsten.

Tungsten (wolfram) salah aatu carbide former yangkuat, mempunyaipengaruh menaikkan hardenability sangat kuat danmenghambat pelunakan martensit pada saat tempering.

Secara umumsifat/pengaruh tungsten sama dengan molybden, hanya saja molybden sedikit lebih kuat pengaruhnya, sehingga untuk mencapai efek yangsama akan diperlukan tungsten lebih banyak, kira-kira 1 % Mo samapengaruhnya dengan 2-3 % W. 

Karena harganya cukup mahal danharus digunakan dalam jumlah yang lebih banyak, maka tungstenbiasanya tidak digunakan pada baja konstruksi, biasanya digunakan pada baja perkakas.

6. Baja vanadium.

Vanadium, unsur paduan yang paling mahal, deoxidize dan carbide former yang sangat kuat, menghambat pertumbuhan butir. Dengan 0,05% V dapat dihasilkan suatu bendatuangan yang baik, uniform dan fine grained. Vanadium juga menaikkan hardenability. Baja chrom vanadium (seri 61xx) dengankarbon rendah digunakan untuk peralatan yang dicasehardening.

Dengan medium carbon ketangguhan dan kekuatannya tinggi sekali, dipakai  untuk poros dan pegas. Dengan karbon  tinggi kekerasan dansifat tahan ausnya tinggi, digunakan untuk bearing dan baja perkakas.

7. Baja silikon.

Seperti mangan, silikon juga deoxidiser yang murah selalu terdapat dalam baja, baja dianggap sebagai baja paduan bila mengan dung silikon lebih dari 0,6 %, yaitu baja silikon. Sepertinickel, silikon juga bukan cabide former, larut dalam ferrit dan menaikkan kekuatan serta ketangguhan. Baja dengan 1-2 % Si, dikenai sebagai navy steel digunakan sebagai baja untuk konstruksi yang memerlukan yield point tinggi. Dengan 3 % Si dan 0,01 % C, dikenal sebagai Hadfield silicon steel mempunyai sifat kemagnitan yang baik, dipakai pada alat listrik. Baja silikon mangan (AISI 9260) mempunyai kekuatan, keuletan dan ketangguhan tinggi, banyakdigunakan untuk pegas daun maupun spiral, juga untuk chisel dan punch.

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.