Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasikom UI)

Fasilkom UI merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di dunia dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Fasikom UI

Profil Fakultas Ilmu Komputer UI 

Fasilkom UI merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di dunia dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Dengan riset yang mutakhir, start-up inovatif, ambisi yang besar, pembelajaran yang hands-on, dan robot-robot pintar, Fasilkom UI tidak hanya membayangkan masa depan, tapi juga turut membuatnya.

Sejarah Fasikom UI

1972

Sejarah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia tidak dapat dipisahkan dari pendirian Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) pada tahun 1972.

1986

Berangkat dari desakan dari berbagai pihak kepada UI untuk menyelenggarakan program pendidikan ilmu komputer, maka pada tahun 1986 Pusilkom UI mulai menyelenggarakan program studi ilmu komputer untuk jenjang sarjana.

1988

Mengikuti perkembangan dan permintaan akan program studi yang mendalami ilmu komputer pada level yang lebih tinggi, Pusilkom UI resmi membuka program studi Magister Ilmu Komputer pada tahun 1988.

1993

Semua program studi yang sudah ada kemudian bernaung di bawah Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) yang secara resmi terbentuk pada tahun 1993.

1996

Program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) resmi dibuka. Perkuliahan MTI dilaksanakan di kampus UI Salemba.

1998

Menjelang akhir milenium, Fasilkom UI memulai program doktoral ilmu komputer pertama di Indonesia pada tahun 1998.

2002

Menanggapi permintaan akan talenta ilmu komputer dengan wawasan global, Fasilkom UI membuka program studi ilmu komputer kelas internasional.

2007

Seiring dengan meningkatnya peran ilmu komputer dalam konteks organisasi, Fasilkom UI membuka program studi Sistem Informasi pada tahun 2007.

Visi & Misi Fakultas Ilmu Komputer UI

Visi Fakultas Ilmu Komputer UI

Fakultas Ilmu Komputer UI sebagai pusat unggulan di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi di Indonesia yang diakui oleh masyarakat ilmiah internasional, sehat secara organisasi dan berkontribusi secara nyata pada peningkatan daya saing bangsa Indonesia.

Visi ini mengandung makna bahwa Fasilkom UI bertekad menjadi “top referral” bagi perkembangan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia. Artinya, Fasilkom UI harus menjadi institusi terdepan dalam mengembangkan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia.

Visi ini dipilih karena secara historis, Fasilkom yang lahir dari Pusilkom merupakan institusi pertama di Indonesia yang berkecimpung dalam bidang ilmu komputer. Disamping itu, sumber daya yang dimiliki sangat memadai untuk menjadi institusi yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Misi Fakultas Ilmu Komputer UI

Pendidikan

Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan kompetitif, tidak hanya dalam pasar lokal, namun juga global.

Penelitian & Pelayanan

Menciptakan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan daya saing bangsa.

Program Penjangkauan

Bertanggung jawab secara moral dan sosial pada pengembangan kecerdasan dan martabat bangsa.

Akademik Fakultas Ilmu Komputer UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

Penerimaan Tahun Ajaran 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 untuk semua program studi pada jenjang sarjana, magister, dan doktor.

Jadwal Penerimaan

Beasiswa

Beasiswa Universitas

Beasiswa Universitas Indonesia disalurkan dalam bentuk Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B) yang merupakan skema pemberian beasiswa berupa pengurangan besaran BOP dan besaran Uang Pangkal (UP). Mahasiswa dapat mengajukan permohonan BOP-B sebelum periode registrasi administasi dimulai sesuai dengan jalur penerimaan di Universitas. Mahasiswa yang mengajukan BOP-B akan dievaluasi keadaan finansialnya berdasarkan penghasilan orangtua, jumlah tanggungan orangtua, aset yang dimiliki, dan rekomendasi dari RT/RW.

Informasi Lebih Lanjut

Beasiswa Sponsor

Mahasiswa S1 Reguler UI juga mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa dari pihak luar seperti pemerintah, bank, dan perusahaan swasta lainnya. Beasiswa yang diberikan beragam sifat maupun durasinya. Ada beasiswa yang hanya memberikan uang saku per bulan selama setahun, dan ada pula beasiswa yang memberikan uang saku bulanan ditambah dengan tunjangan BOP sampai mahasiswa tersebut lulus. Setiap tahunnya, sekitar 250 mahasiswa S1 Reguler Fasilkom dari seluruh angkatan mendapat beasiswa dari berbagai sponsor.

Informasi Lebih Lanjut

Beasiswa POMDA

Selain beasiswa universitas dan sponsor eksternal, mahasiswa juga berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Persatuan Orang Tua Mahasiwa, Dosen, dan Alumni (POMDA), suatu lembaga resmi di lingkungan Fasilkom UI sebagai wadah bergabungnya orang tua mahasiswa, dosen dan alumni dalam misi mendukung terwujudnya proses belajar mengajar yang sehat, berkeadilan dan berkualitas. POMDA membantu mahasiswa yang kurang mampu dengan memberikan beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan, biaya hidup, dan lain-lain.

Informasi Lebih Lanjut

Peta Transportasi Kampus & Kontak

Peta Transportasi Kampus

image_title_here image_title_here

Kontak

Kampus Depok

Fakultas Ilmu Komputer, Kampus UI Depok, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16424

Telpon: +62 21 786 3419

Telpon: +62 21 786 3415

Maps: -6.364521, 106.828691 (Google Maps: Gedung Bundar)

Maps: -6.370283, 106.827092 (Google Maps: Gedung Baru)

Kampus Salemba

Magister Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Kampus UI Salemba, Jl. Salemba Raya No.4, DKI Jakarta, Indonesia, 10430

Telpon: +62 21 310 6014

Telpon: +62 21 310 2774

Maps: -6.194213, 106.848189 (Google Maps)

Website Fakultas: https://cs.ui.ac.id

Pertanyaan Akademik

Calon Mahasiswa

  • Telpon: +62 21 786 3419
  • Email: humasfasilkom@cs.ui.ac.id

Mahasiswa Saat Ini

  • Telpon: +62 21 786 3419
  • Email: sekreakademik@cs.ui.ac.id (Depok)
  • Email: sekreakademikmti@cs.ui.ac.id (Salemba)

Alumni

  • ilunifasilkom@cs.ui.ac.id
  • alumni.cs.ui.ac.id

Disclaimer!
teknikmesin.my.id hanya menyediakan informasi dan tidak memiliki ikatan langsung atau hubungan afiliasi dengan donatur atau sponsor dari setiap Perguruan Tinggi.
teknikmesin.my.id tidak bertanggungjawab atas isi, kebijakan, maupun konsekuensi yang ditimbulkan.

Anda sebaiknya mengunjungi langsung laman situs atau alamat resmi untuk memeriksa kembali kevalidan maupun keakuratan informasi.

Related Posts

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.