Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI)

Farmasi UI bermula dari bagian dari Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) pada September 1965. Melalui Kepres No. 44 tahun 1982,
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

farmasi ui

Profil Fakultas Farmasi Universitas Indonesia UI

Profil Singkat Farmasi UI

Farmasi UI bermula dari bagian dari Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) pada September 1965. Melalui Kepres No. 44 tahun 1982, namanya berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Untuk mendukung pendirian Rumpun Ilmu Kesehatan di lingkungan Universitas Indonesia, Keputusan Rektor UI No. 2408A/SK/R/2011, tanggal 29 November 2011, membuka Fakultas Farmasi UI, mengubah Departemen Farmasi FMIPA UI menjadi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FF UI).

Farmasi adalah gabungan antara ilmu dan seni dalam menciptakan obat dari bahan alam atau sintetis yang sesuai dan aman dalam penggunaannya untuk mencegah serta mengobati penyakit. Profesi ini melibatkan pemahaman tentang identifikasi, pemilihan, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, analisis, standarisasi obat, serta tata cara distribusi, penyimpanan, dan penggunaan yang aman. Mereka yang terlibat dalam bidang farmasi adalah ahli obat yang memiliki pemahaman mendalam terhadap obat dari berbagai perspektif.

Program Studi Fakultas Farmasi UI

Program Pendidikan Sarjana Farmasi (S1)

Program Pendidikan Sarjana Farmasi Reguler Program Pendidikan Sarjana Farmasi Paralel

Program Sarjana di Fakultas Farmasi membutuhkan 144-146 SKS, termasuk tesis/ karya akhir, dirancang selama 8 semester, dengan batas waktu maksimal 12 semester bagi setiap mahasiswa guna meraih gelar Sarjana Farmasi. Farmasi melibatkan keterampilan dalam menciptakan obat dari bahan alam atau sintetis yang sesuai dan aman dalam penggunaannya untuk mencegah serta mengobati penyakit. Profesi ini memerlukan pemahaman tentang identifikasi, seleksi, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, analisis, standarisasi obat, serta tata cara distribusi, penyimpanan, dan penggunaan yang aman. Program studi farmasi dibagi ke dalam dua program, yakni sarjana reguler dan sarjana paralel. Untuk masuk ke program sarjana reguler, ada SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI sebagai jalur. Sementara untuk program sarjana paralel, ada SIMAK-UI dan PPKB sebagai jalur masuk.

Program Pendidikan Profesi Apoteker

Program Pendidikan Profesi Apoteker adalah program lanjutan setelah menyelesaikan Program Sarjana (S1) yang bertujuan untuk mendapatkan keahlian sebagai Apoteker/Farmasis. Lulusan dari jurusan Farmasi memiliki beragam peluang karier di sektor publik dan swasta, termasuk dalam bidang pendidikan, riset, dan industri terkait ilmu kefarmasian. Program Pendidikan Profesi Apoteker merupakan salah satu pilihan pendidikan setelah menyelesaikan gelar strata satu (S1).

Sebagai tenaga kesehatan, Apoteker memiliki peran dalam layanan kesehatan yang mencakup perolehan, penyediaan, distribusi, pengawasan, dan penggunaan obat, baik di Apotek maupun Rumah Sakit. Kesempatan kerja bagi lulusan Farmasi juga dapat meluas ke sektor kosmetik dan industri makanan.

Jadwal Pendaftaran

Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Program Magister (S2) Ilmu Herbal

Program Pendidikan Magister Ilmu Herbal

  • Program Pendidikan Magister Ilmu Herbal kekhususan Herbal Medis
  • Program Pendidikan Magister Ilmu Herbal kekhususan Herbal Estetika

Pendidikan berbentuk Program Magister Ilmu Herbal Universitas Indonesia dengan peminatan Herbal Medik, Herbal dalam Keperawatan dan Estetika Indonesia dibentuk untuk mengatasi permasalahan pokok yaitu:

  • Bagaimana memanfaatkan secara optimal sumber daya tanaman obat Indonesia menjadi obat herbal sebagai komplementer/alternatif yang rasional yang teruji efektivitas, kualitas dan keamanan, sehingga dapat digunakan dalam sistem pengobatan/pelayanan formal sebagai preventif, promotif, kuratif, dan/atau rehabilitatif serta perawatan kesehatan berdampingan dengan obat konvensional.
  • Bagaimana memadukan pengobatan herbal dan pemanfaatan herbal dalam perawatan kesehatan, dan sebagai komponen Estetika Indonesia ke dalam kebijakan kesehatan yang ada. Apa tolok ukur yang digunakan untuk menetapkan bahwa suatu pengobatan herbal, pemanfaatan herbal dalam perawatan kesehatan, dan sebagai komponen Estetika Indonesia disebut sebagai pengobatan/pelayanan komplementer/ alternatif.
  • Apa indikator keberhasilan yang digunakan untuk menunjukkan nilai tambah pengobatan herbal, pemanfaatan herbal dalam perawatan kesehatan, dan sebagai komponen Estetika Indonesia dalam memajukan pelayanan kesehatan baik perorangan maupun bagi masyarakat luas.

Jalur masuk Magister Ilmu Herbal ditempuh melalui SIMAK.

Program Magister (S2) Ilmu Kefarmasian

Program Pendidikan Magister Ilmu Kefarmasian

  • Program Pendidikan Magister Farmasi Kekhususan Biologi Farmasi
  • Program Pendidikan Magister Farmasi Kekhususan Farmasi Klinik
  • Program Pendidikan Magister Farmasi Kekhususan Kimia Farmasi
  • Program Pendidikan Magister Farmasi Kekhususan Teknologi Farmasi
  • Program Pendidikan Magister Farmasi Kekhususan Bioteknologi Farmasi
  • Program Pendidikan Magister Farmasi Kekhususan Farmakologi dan Toksikologi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa nasional dan integritas ilmiah secara global.
  2. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perkembangan IPTEK farmasi serta permasalahan yang ada di masyarakat.
  3. Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi atau penciptakan metodologi baru yang akan digunakan dalam pekerjaannya.
  4. Menguasai teori dan konsep serta mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam kawasan keahliannya memecahkan permasahan termasuk yang memerlukan lintas disiplin.
  5. Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya baik dengan kelompok pakar sebidang (peer group) maupun khalayak yang lebih luas. Jalur masuk

Jalur masuk Magister Ilmu Kefarmasian ditempuh melalui SIMAK.

Program Doktoral (S3)

Doktor Ilmu Farmasi

Perkembangan bidang dan lapangan kerja kefarmasian, perubahan pola hidup masyarakat, yang menuntut kepakaran IPTEK kefarmasian yang semakin menggobal, mengharuskan ditingkatkannya pendidikan tenaga farmasis ke tingkat yang paling tinggi secara formal yaitu pendidikan Doktor. Maka program studi Pascasarjana Ilmu Kefarmasian Fakultas Farmasi UI membuka program Doktor Ilmu Kefarmasian, mengingat sarana, prasarana dan sumber daya manusia tersedia untuk pengelolaannya.

Karakteristik dari program Doktor yang dibuka ini didasari kenyataan bahwa dalam kebutuhan penelitian bidang farmasi saat ini mencakup ilmu dasar farmasi, antara lain bidang farmasetika (biofarmasetika, farmakokinetika, dan drug delivery),bioteknologi farmasi , farmasi bahan alam, kimia medisinal, dan farmakologitoksikologi, serta ilmu terapan bidang farmasi klinik.

Program Doktor Ilmu Kefarmasian ini didirikan berdasarkan keputusan Rektor Universitas Indonesia No. 0072/SK/R/UI/2010 tanggal 2 Februari 2010.

Biaya Kuliah

Biaya Kuliah

Untuk biaya kuliah informasi selengkapnya bisa lihat disini

Info kontak

Alamat

Sekretariat Program Sarjana

Gedung A Rumpun Ilmu Kesehatan Lantai 1, Kampus UI Depok, Jawa Barat 16424

Sekretariat Program Pascasarjana

Fakultas Farmasi, Kampus UI Depok, Jawa Barat 16424

Jam Operasional: Senin-Jumat : 08.00 WIB-16.00 WIB

Email: humas@farmasi.ui.ac.id or secretariat@farmasi.ui.ac.id

Telpon: +62-21-7270031, 7864049, 78884557, 78849001-3

Website Fakultas: https://farmasi.ui.ac.id/

Disclaimer!
teknikmesin.my.id hanya menyediakan informasi dan tidak memiliki ikatan langsung atau hubungan afiliasi dengan donatur atau sponsor dari setiap Perguruan Tinggi.
teknikmesin.my.id tidak bertanggungjawab atas isi, kebijakan, maupun konsekuensi yang ditimbulkan.

Anda sebaiknya mengunjungi langsung laman situs atau alamat resmi untuk memeriksa kembali kevalidan maupun keakuratan informasi.

Related Posts

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.