Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Kondisi Aliran Fluida Cair

Aliran fluida cair adalah studi tentang perilaku dan gerakan zat cair seperti air, minyak, atau gas dalam kondisi yang berubah-ubah,
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

aliran laminar dan turbulen

Aliran fluida cair adalah studi tentang perilaku dan gerakan zat cair seperti air, minyak, atau gas dalam kondisi yang berubah-ubah, seperti saat mengalir melalui pipa atau melewati benda padat. Ini mencakup konsep-konsep seperti tekanan, kecepatan aliran, viskositas, dan bagaimana cairan berinteraksi dengan lingkungannya.

Aliran Laminar dan Aliran Turbulen

Secara garis besar aliran fluida cair pada penampang sebuah saluran debagi menjadi tiga:;

  1. Aliran Laminar
  2. Aliran Transisi
  3. Aliran Turbulen

1. Pengertian Aliran Laminar

aliran laminar
Aliran Laminar

Aliran laminar merupakan aliran udara yang terjadi akibat tidak adanya gangguan pada pengaliran fluida di tiap lapisan paralel. Garis alir masing-masing dari aliran udara tidak saling berpotongan. Sifat dari aliran laminar adalah tidak terjadi pusaran, persilangan maupun percampuran aliran udara. Setiap partikel udara bergerak serenjang dengan arah aliran udara secara teratur. (wikipedia)

Pada aliran laminar zat cair mengalir sangat tenang, kecepatan aliran lambat. Apabila kecepatan fluida dinaikan, aliran zat cair mulai sedikit bergejolak

2. Pengertian Aliran Transisi

aliran transisi
Aliran Transisi

Aliran transisi merupakan aliran udara dengan bentuk peralihan antara aliran laminar menjadi aliran turbulen. Keberadaan aliran transisi merupakan akibat dari perbedaan sifat antara aliran laminar dan aliran turbulen dalam hal kehilangan energi akibat gaya gesek. Kehilangan energi ini terjadi selama pengaliran udara. Status aliran transisi dapat diketahui melalui nilai bilangan Reynolds.(wikipedia)

3. Aliran Turbulen

Aliran Turbulen
Aliran Turbulen

Aliran turbulen merupakan salah satu aliran fluida yang memiliki kecepatan yang berubah-ubah dan mengandung partikel-partikel yang bergerak secara acak dan tidak stabil. Garis alir pada masing-masing partikel dalam aliran turbulen saling berpotongan satu sama lain. Aliran turbulen hanya terbentuk pada kecepatan fluida yang sangat tinggi dengan nilai kecepatan yang berubah-ubah seiring waktu. Aliran turbulen umumnya hanya terbentuk dalam waktu yang singkat. (wikipedia)

Kondisi aliran juga sangat dipengaruhi oleh kondisi permukaan penampang saluran (kekasarann). pada gambar menunjukan gambaran kondisi aliran zat cair pada penampang pipa.

aliran laminar
Gambar 1.26 - Pola aliran laminar dan turbulen

Angka Reynolds

Kondisi aliran fluida akan sangat berantung dari kecepatan aliran fluida, semakin tinggi kecepatan akan mempengaruhi pola aliran, kondisi aliran akan berubah dari laminar ke turbulen. besaran yang dapat menghubungkan antara kecepatan aliran (v), kondisi fluida (ρ, μ), dan kondisi penampang diameter pipa (D) adalah angka reynold (Re) perumusannya adalah sebagai berikut:

angaka reynold

Angka reynold akan mewakili kondisi aliran, untuk angka reynold :

Re < 2000  Aliran Laminar

2000 < Re< 3500 Aliran Transisi

Re > 3500 Aliran Turbulen

Related Posts

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.