Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Sifat Energi

Energi di alam adalah kekal artinya energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan tetapi hanya bisa di ubah dari energi satu ke energi lainnya.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Sifat Energi

Energi di alam adalah kekal artinya energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan tetapi hanya bisa di ubah dari energi satu ke energi lainnya. (Hukum Kekekalan Energi). Ilmu yang mempelajari perubahan energi dari energi satu kelainnya adalah disebut dengan ilmu konversi energi. Tingkat keberhasilan perubahan energi disebut dengan efesiensi. Adapun sifat-sifat energi secara umum adalah:

1. Transformasi energi, artinya energi bisa diubah menjadi bentuk lain, misalkan energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin

sifat energi
Gambar 1.4 - Perubahan energi pada motor bakar

contoh lain adalah proses perubahan energi atau konversi energi pada turbin dan pompa. Perubahan energi pada Turbin adalah sebagai berikut , energi fluida ( energi kinetik fluida) masuk turbin dan berekspansi, terjadi perubahan energi yaitu dari energi fluida menjadi energi mekanik putaran poros turbin. kemudian, puturan poros turbin memutarr poros generator listrik, dan terjadi perubahan enerrgi kedua yaitu dari energi mekanik menjadi energi listrik.

sifat energi
Gambar 1.5 - Konversi energi pada pompa atau kompresor

pada gambar 1.5 terlihat proses konversi energi dari energi listrik menjadi energi fluida. prosesnya yaitu energi listrik akan diubah menjadi energi mekanik pada motor listrik, energi mekanik tersebut adalah putaran poros motor listrik yang akan diteruskan ke poros pompa. Pada pompa terjadi perubahan energi mekanik menjadi energi fluida, fluida yang keluar dari pompa mempunyai energi yang lebih tinggi dibanding sebelum masuk pompa.

sifat energi
Gambar 1.6 - Pompa sebagai mesin konversi energi

2. Transfer Energi, yaitu energi panas (heat) dapat ditransfer darri tempat satu ke tempat lainnya atau dari material satu ke material lainnya

sifat energi
Gambar 1.7 - Transfer energi panas dari tungku ke air di panci

3. Energi dapat pindah ke benda lain melalui suatu ggaya yang menyebabkan pergeseran, sering disebut dengan energi mekanik, seperti yang telah dibahas sebelumnnya. W = F x S

sifat energi
Gambar 1.8 - Energi mekanik pergeseran translasi (linier)

sifat energi
Gambar 1.9 - Energi mekanik pergeseran rotasi (angular)

sifat energi
Gambar 1.10 - Mesin-mesin konversi energi dengan kerja poros

Energi mekanik PUTARAN POROS adalah yang paling sering digunakan untuk perhitungan mesin-mesin konersi energi, karrena hampir sebagian besar mesin-mesin konversi adalah mesin-mesin rotari. Alasan pemilihan gerak putaran poros mesin mesin (mesin rotari) sebagai transfer energi atau kerja dibanding dengan putaran bolak balik (reciprocating) adalah karena gerak rotari mempunyai efesiensi mekanik yang tinggi , getaran rendah , dan tidak banyak memerlukan komponen mesin yang rumit. energi atau kerja langsung bisa di transfer atau diterima peralatan tanpa peralatan tambahan. Sebagai perbandingan mesin rotari adalah mesin reciprocating yaitu motor bakar. pada gambar adlah skema mesin motor bakar dengan gerakan bolak baliknya.

4. Energi adalah kekal, tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan. 


Related Posts

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.