![]() |
Sistem Pendingin Pada Mesin Toyota Corolla GL 3A |
A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi yang semakin cepat mendorong untuk selalu mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk bidang otomotif, dengan semakin majunya teknologi yang digunakan ternyata memunculkan permasalahan-permasalahan yang cenderung mengarah performa unjuk kerja sistem-sistem dalam mesin.
Diantara sistem-sistem tersebut adalah sistem pendinginan mesin, sistem ini merupakan bagian yang sangat vital dan sangat mempengaruhi kinerja mesin jika dilihat dari fungsinya. Cooling system (sistem pendinginan) adalah suatu rangkaian untuk mengatasi terjadinya over Heating (panas yang berlebihan) pada mesin agar mesin bisa bekerja secara stabil (Daryanto, 1999:51). Mesin pembakaran dalam selama beroperasi temperatur gas dalam ruang pembakaran bisa memcapai 2500 °C sehingga diperlukan suatu sistem pendinginan mesin.
Apabila sebagian panas yang dihasilkan dari pembakaran tidak dibuang, komponen mesin yang berhubungan dengan pembakaran akan mengalami kenaikan temperatur yang berlebihan dan cenderung merubah sifat-sifat serta bentuk dari komponen mesin tersebut (Daryanto, 1999:62). Berdasar kejadian tersebut, mobil diperlukan sistem pendinginan yang berfungsi untuk menurunkan temperatur pada mesin sehingga kemampuan ideal mesin dapal dicapai.
- Sistem pendinginan pada Toyota Corrola GL 3A mmempergunakan pompa sentrafugal dan dilengkapi dengan motor yang berperan berdasarkan temperature suhu.
- Sering ditemui gangguan pada system pendiginan yang mempengaruhi ujuk kerja mesin, untuk itu perlu analisis masalah dan perbaikan gangguan system pendinginan.
- Karena penulis menggunakan mesin Toyota Corrola GL 3A sebagai proyek akhir, maka system pendinginan yang diambil adalah system pendinginan Toyota Corrola GL 3A.
- Apa saja komponen-komponen sistem pendingin mesin mobil Toyota Corolla GL 3A dan bagaimana cara kerjanya ?
- Bagaimana proses sirkulasi pendinginan mesin mobil Toyota Corolla GL 3A ?
- Kerusakan-kerusakan apa saja yang seiing terjadi pada sistem pendinginan dan bagaimana cara mengatasinya, khususnya mobil Toyota Corolla GL 3A ?
B. Tujuan/ Manfaat
1. Tujuan
- Untuk mengetahui lebih mendalam tentang komponen-komponen sistem pendinginan dan cara kerjanya pada mobil Toyota Corolla GL 3A.
- Untuk mengetahui proses sirkulasi pendinginan pada mesin Toyota Corolla GL 3A.
- Untuk mencari kerusakan-kerusakan yang sering terjadi serta cara mengatasinya pada sistem pendinginan mobil Toyota Corolla GL 3A.
2. Manfaat
- Sebagai buku referensi atau literatur kajian bidang otomotif khususnya tentang sistem pendinginan mobil.
- Sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan khususnya tentang sistem pendinginan mobil.
- Memberikan kemudahan kepada masyarakat umum dalam mencari kerusakan-kerusakan pada sistem pendinginan, khususnya tentang sistem pendinginan mobil Toyota Corolla GL 3A.
Sistem Pendingin Pada Mesin Toyota Corolla GL 3A
A. Landasan Teori
Pada mesin, bahan baker di dalam silinder untuk merubah dari energi panas ke dalam tenaga gerak. Tapi energi panas yang dihasilkan tidak semuanya dirubah ke dalam tenaga. Hanya kira-kira 25 % energi yang dimanfaatkan secara efektif, sedangkan sisanya hilang saat gas buang atau gesekan kira-kira 43 % dan 32 persen diserap oleh mesin itu sendiri. (New Step I, 1995:3-29).
Gambar. Keseimbangan Panas |
Secara garis besar fungsi sisteni pendingin suatu mesin dapat dibagi menjadi empat, yaitu :
- Untuk mengurangi panas yang berlebihan pada mesin.
- Untuk mempertahankan temperatur mesin agar selalu pada temperatur, kerja yang paling efisien pada semua kendaraan kerja motor.
- Untuk mempercepat motor mencapai temperatur kerjanya yang ideal, karena. untuk mencegah terjadinya keausan yang berlebihan, kerja mesin yang kurang baik, emisi gas buang yang berlebihan dan sebagainya.
- Untuk memanaskan ruangan di dalam ruang penumpang dengan memanfaatkan sisa panas dari penyerapan panas oleh sistem pendingin.
a. Pendinginan Udara (Pendinginan Langsung)
Pendinginan udara digunakan jika panas dari mesin yang bekerja/berputar dilewatkan sirip, rusuk, atau fins ke udara luar. Pendinginan udara biasanya digunakan pada mesin satu/dua silinder dan komponennya biasanya terdiri dari; Sirip pendingin yang dipasang atau dimasukkan ke kepala silinder dan badan silinder.
Gambar. Sistem pendinginan udara |
b. Pendinginan Air
Mobil menggunakan pendingin sebab lebih aman karena ruang baker dikelilingi oleh pendigin yang juga bertindak sebagai peredam bunyi. Air pendingin yang panas juga digunakan sebagai sumber panas untuk pemanas udara di dalam kendaraan. New Step. 1995 : 3-29).
Mau donasi lewat mana?
Donate with PaypalGopay-